Kamis, 30 Juli 2015

Lampiran 1

Posted by Unknown On 11.44 | No comments


No
Program
(Bidang)
Identifikasi
Masalah
Identifikasi Potensi Lembaga Sumber-Sumber
Bentuk-Bentuk Kelembagaan yang direkomendasikan
Pokok-Pokok Rencana Kegiatan
Hasil yang Diharapakan
Manfaat
Jk. Pendek
Jk. Panjang
1
Peningkatan Gizi dan Kesehatan Lingkungan
·    Tidak adanya tempat penampungan sampah di depan rumah-rumah warga
·    Minimnya kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya
·    Telah ada keinginan warga untuk membuat bak penampungan sampah, tetapi belum ada kepastian
·    Warga masyarakat membutuhkan tindakan segera untuk menanggulangi permasalahan tersebut
·    Pembentukan kelompok masyarakat pencinta lingkungan.

·    Penyuluhan tentang pemilahan dan pemanfaatan sampah
·    Pengadaan dalam pembuatan bak sampah
·    Adanya kesadaran tiap-tiap individu dalam membuang dan memilah sampah
·    Makin banyak warga yang menggunakan bak sampah yang telah ada sebagaimana mestinya
·    Menciptakan kesadaran masyaraka tsetempat tentang kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.
2
·    Tidak adanya sarana penyebrangan di depansekolah
·    Kurangnya pemahaman anak-anak tentang fungsi  zebra cross
·    Telah ada persetujuan dari pihak sekolah, tetapi masih belum terlaksana
·    Pengaktifan sarana penyebrangan oleh petugas setempat
·    Sosialisasi kesadaran melewati zebra cross.
·    Adanya kesadaran warga sekolah untuk menyebrang melalui zebra cross
·    Makin banyak warga / pengguna jalan untuk berhati-hati demi keselamatan khalayak umum
·    Mengutamakan keselamatan siswa dan siswi
3
Pendidikan
·    Buku-buku di SD Wonokasian 2 belum terlengkapi
·    Sudah ada perpustakaan tetapi ketersediaan buku belum memadai
·    Peningkatan kualitas dan mutu perpustakaan oleh petugas
·    Pengembangan kualitas buku-buku menjadi lebih berkualitas

·    Swadaya buku perpustakaan
·    Siswa tertarik untuk berkunjung keperpustakaan
·    Makin banyak siswa yang berminat untuk membaca buku
·    Menciptakan peserta didik yang cerdas dan berguna bagi bangsa dan negara
4
·    Tidak adanya lembaga bantuan belajar (LBB)
·    Anak-anak dari keluarga tidak mampu belum mendapatkan bimbingan belajar di luar sekolah
·    Telah ada kegiatan belajar mengajar tetapi terbatas oleh manajemen yang masih sederhana
·    Ada keinginan kuat untuk mendirikan lembaga bantuan belajar dan ada kader yang mau menjadi sukarelawan guru pembimbing
·    Peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar
·    Pembentukan para tutor menjadi guru pembimbing tetap
·    Bimbingan belajar
·    Semua anak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar secara informal
·    Semakin banyak anak yang mengikuti kegiatan belajar mengajar di luar sekolah
·    Anak-anak menjadi lebih cerdas dan dapat meningkatkan prestasinya di sekolah
5
Peningkatan Etos Kerja dan Produktivitas Kerja Masyarakat
(BidangIndustri)
·    Terdapat beberapa warga yang mempunyai hasil perkebunan namun belum mampu dalam pengelolahannya
·    Adanya keinginan warga untuk memanfaatkan hasil perkebunan menjadi olahan yang kreatif
·    Pengembangan usaha pertanian yang ekonomis produktif kelompok maupun individu
·    Pengolahan hasil perkebunan menjadi nugget (Bayam)
·    Ibu-ibu memiliki ide kreatif untuk menciptakan usaha di bidang kuliner
·    Makin banyak warga yang antusias memanfaatkan hasil perkebunan untuk dijadikan bisnis
·    Memberikan peluang bagi para petani untuk memanfaatkan hasil perkebunan dengan baik
6
Kewirausahaan
·    Banyaknya limba dari hasil pengolahan jagung oleh warga setempat
·    Telah ada keinginan warga untuk memanfaatkan limbah tersebut , tetapi belum ada kepastian dalam pengolahannya
·    Pembentukan kelompok masyarakat produktif
·    Pemanfaatan kulit jagung menjadi kerajinan tangan yang siap dipasarkan.
·    Masyarakat memulai kegiatan ekonomis produktif
·    Masyarakat dapat meningkatkan pendapatannya
·    Menciptakan lingkungan bersih sehingga tidak menimbulkan dampak negative bagi masyarakat

0 komentar:

Posting Komentar