No
|
Program
(Bidang)
|
Identifikasi
Masalah
|
Identifikasi Potensi Lembaga Sumber-Sumber
|
Bentuk-Bentuk Kelembagaan yang direkomendasikan
|
Pokok-Pokok Rencana Kegiatan
|
Hasil yang Diharapakan
|
Manfaat
|
Jk. Pendek
|
Jk. Panjang
|
1
|
Peningkatan Gizi dan Kesehatan Lingkungan
|
·
Tidak adanya tempat
penampungan sampah di depan rumah-rumah warga
·
Minimnya kesadaran
warga untuk membuang sampah pada tempatnya
|
·
Telah ada keinginan
warga untuk membuat bak penampungan sampah, tetapi belum ada kepastian
·
Warga masyarakat membutuhkan tindakan segera untuk menanggulangi permasalahan tersebut
|
·
Pembentukan kelompok masyarakat pencinta lingkungan.
|
·
Penyuluhan tentang pemilahan dan pemanfaatan sampah
·
Pengadaan dalam pembuatan bak sampah
|
·
Adanya kesadaran tiap-tiap individu dalam membuang dan memilah sampah
|
·
Makin banyak warga
yang menggunakan bak sampah yang telah ada sebagaimana mestinya
|
·
Menciptakan kesadaran masyaraka tsetempat tentang kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.
|
2
|
·
Tidak adanya sarana
penyebrangan di depansekolah
·
Kurangnya pemahaman
anak-anak tentang fungsi zebra cross
|
·
Telah ada persetujuan dari pihak sekolah,
tetapi masih belum terlaksana
|
·
Pengaktifan sarana penyebrangan oleh petugas setempat
|
·
Sosialisasi kesadaran melewati
zebra cross.
|
·
Adanya kesadaran warga sekolah untuk menyebrang melalui
zebra cross
|
·
Makin banyak warga
/ pengguna jalan untuk berhati-hati demi keselamatan khalayak umum
|
·
Mengutamakan keselamatan siswa dan siswi
|
3
|
Pendidikan
|
·
Buku-buku di SD
Wonokasian 2 belum terlengkapi
|
·
Sudah ada perpustakaan tetapi ketersediaan buku belum memadai
|
·
Peningkatan kualitas dan mutu perpustakaan oleh petugas
·
Pengembangan kualitas buku-buku menjadi lebih berkualitas
|
·
Swadaya buku perpustakaan
|
·
Siswa tertarik untuk berkunjung keperpustakaan
|
·
Makin banyak siswa
yang berminat untuk membaca buku
|
·
Menciptakan peserta didik
yang cerdas dan berguna bagi bangsa dan negara
|
4
|
·
Tidak adanya lembaga
bantuan belajar (LBB)
·
Anak-anak dari keluarga
tidak mampu belum mendapatkan bimbingan belajar di luar sekolah
|
·
Telah ada kegiatan belajar mengajar tetapi terbatas oleh manajemen
yang masih sederhana
·
Ada
keinginan kuat untuk mendirikan lembaga bantuan belajar dan ada kader yang mau menjadi sukarelawan
guru pembimbing
|
·
Peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar
·
Pembentukan para
tutor menjadi guru pembimbing tetap
|
·
Bimbingan belajar
|
·
Semua anak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar secara
informal
|
·
Semakin banyak anak
yang mengikuti kegiatan belajar mengajar di luar sekolah
|
·
Anak-anak menjadi lebih cerdas dan dapat meningkatkan prestasinya
di sekolah
|
5
|
Peningkatan Etos Kerja dan Produktivitas Kerja Masyarakat
(BidangIndustri)
|
·
Terdapat beberapa
warga yang mempunyai hasil perkebunan namun belum mampu dalam pengelolahannya
|
·
Adanya keinginan warga untuk memanfaatkan hasil perkebunan menjadi olahan
yang kreatif
|
·
Pengembangan usaha pertanian
yang ekonomis produktif kelompok maupun individu
|
·
Pengolahan hasil perkebunan menjadi
nugget (Bayam)
|
·
Ibu-ibu memiliki
ide kreatif untuk menciptakan usaha di bidang kuliner
|
·
Makin banyak warga
yang antusias memanfaatkan hasil perkebunan untuk dijadikan bisnis
|
·
Memberikan peluang bagi
para petani untuk memanfaatkan hasil perkebunan dengan baik
|
6
|
Kewirausahaan
|
·
Banyaknya limba dari
hasil pengolahan jagung oleh warga setempat
|
·
Telah ada keinginan warga untuk memanfaatkan limbah tersebut
, tetapi belum ada kepastian dalam pengolahannya
|
·
Pembentukan kelompok masyarakat produktif
|
·
Pemanfaatan kulit jagung menjadi kerajinan tangan
yang siap dipasarkan.
|
·
Masyarakat memulai kegiatan ekonomis produktif
|
·
Masyarakat dapat meningkatkan pendapatannya
|
·
Menciptakan lingkungan bersih sehingga tidak menimbulkan dampak
negative bagi masyarakat
|